Puspitasari, Desi (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRI DI MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUL AULAD DESA DOMPYONGAN JOGONALAN KLATEN. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17101307_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (820kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17101307_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17101307_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17101307_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
17101307_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan suatu teknik yang wajib dimiliki oleh seorang pendidik maupun calon pendidik, hal ini sangat dibutuhkan karena akan menentukan kualifikasi layak tidaknya untuk menjadi seorang pendidik. Mengembangkan nilai religius untuk sampai pada derajat akhlakul karimah merupakan tujuan utama dalam pendidikan. Disinilah peran madrasah diperlukan. Al Ghazali berpendapat bahwa Setiap struktur dalam dunia pendidikan harus mendorong pengenalan dan pendekatan anak dengan penciptanya. 2 Dengan memberikan pendidikan ini, dirasa akan dapat mengatasi darurat etika pada siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan kajian yang mendalam guna memperoleh data yang lengkap dan terperinci tentang Strategi Guru dalam Meningkatkan Pendidikan Krakter Religius Santri di Madrasah Diniyah Roudlotul Aulad Desa Dompyongan Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten. Lokasi penelitian ini di Madrasah Diniyah Roudlotul Aulad Dompyongan, Jogonalan, Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisisnya yakni reduksi data, penyajian data serta verifikasi data dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini yakni ada beberapa strategi yang diterapkan di Madrasah Diniyah Roudlotul Aulad Desa Dompyongan Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten, yakni Pendidikan secara langsung, meliputi Teladan, Anjuran, Latihan, Kompetensi, Pembiasaan serta pendidikan secara tidak langsung, meliputi Larangan, Pengawasan, Hukuman. Dampak dari strategi tersebut adalah siswa menerapkan ajaran agama dalam kesehariannya yang tercermin dari sikap, ucapan dan tindakan sejalan dengan yang diajarkan. Dalam penerapan strategi guru dalam meninkatkan pendidikan religius pada santri di Madrasah Diniyah Roudlotul Aulad pasti ada faktor pendukung yakni aspek personalia dari tenaga pendidik dan penghambat yakni Kurangnya sarana prasaran yang memadai, Kurangnya partisipasi wali santri, Kurangnya tertib administrasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Madrasah Diniyah, Karakter Religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:41 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:41 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/652 |