Masfufah, Wahyu (2017) PENGARUH SEKOLAH PERSIAPAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DI MA AL-IMAN BULUS GEBANG PURWOREJO. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1310774_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1310774_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1310774_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1310774_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1310774_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkap apakah Sekolah Persiapan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca kitab kuning siswa MA al-Iman Bulus Gebang Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan Sekolah Persiapan di MA al-Iman Bulus, 2) unutuk menganalisis hubungan antara Sekolah Persiapan dengan kemampuan membaca kitab kuning di MA al-Iman Bulus, dan 3) untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Sekolah Persiapan terhadap kemampuan membaca kitab kuning siswa MA al-Iman Bulus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua variabel yaitu, Sekolah Persiapan (X) dan kemampuan membaca kitab kuning (Y). Subyek penelitian adalah seluruh siswa MA al-Iman Bulus yang pernah mengikuti Sekolah Persiapan yang berjumlah 135 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Validitas instrument diuji dengan teknik Corrected Item-Total Correlation dan reliabilitas instrument diuji dengan teknik Cronbach’ Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan menggunakan uji korelasi dan uji regresi sederhana, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pelaksanaan Sekolah Persiapan sama seperti sekolah-sekolah pada umumnya, waktu pelaksanaannya pagi dan siswa memakai seragam sekolah. Siswa yang mengikuti program Sekolah Persiapan di MA al-Iman Bulus harus taat dan patuh pada tata tertib sekolah yang sudah berlaku seperti siswa MA al-Iman Bulus yang lainnya. Selain itu, Siswa yang mengikuti Sekolah Persiapan hanya mengkaji ilmu-ilmu yang dapat menunjang siswa dalam membaca dan memahami kitab kuning, sebagai bekal siswa dalam mengkaji kitab kuning ketika sudah masuk kelas X, sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan baik, 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Sekolah Persiapan (X) dengan variabel kemampuan membaca kitab kuning (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,690 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi (hubungan) antara variabel X dan Y berada pada kategori tinggi, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Sekolah Persiapan (X) terhadap variabel kemampuan membaca kitab kuning (Y). dari hasil analisis regresi sederhana, dapat diketahui bahwa Sekolah Persiapan memberi kontribusi sebesar 47,6% terhadap kemampuan membaca kitab kuning siswa MA al-Iman Bulus. Selebihnya (52,4%), kemampuan membaca kitab kuning dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Persiapan, Kemampuan Membaca Kitab Kuning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 18 Oct 2024 08:38
Last Modified: 18 Oct 2024 08:38
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item
View Item