Afidah, Nida (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1210648_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1210648_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1210648_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1210648_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1210648_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam kehidupan, pendidikan memang tidak bisa dipisahkan dari hidup manusia karena merupakan kebutuhan mutlak bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan mustahil manusia bisa berkembang dengan baik. Penanaman nilainilai pendidikan, terutama pendidikan akhlak sebaiknya dilakukan sejak dini. Selain melalui pendidikan formal, non formal dan informal, pendidikan juga bisa dilakukan melalui media, baik media cetak maupun elektronik. Salah satu media cetak yang bisa dipakai adalah novel. Novel mempunyai peranan penting dalam menyampaikan nilai-nilai budaya, keagamaan, sosial, dan aspek-aspek nilai yang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Pulang karya Tere Liye serta relevansinya terhadap pendidikan agama Islam era sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk kategori penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatis, yakni pendekatan yang menekankan pada kegunaan karya sastra bagi pembacanya. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, dan metode analisis datanya menggunakan content analysis dengan langkah-langkah: 1) pembacaan secara cermat dan berulang-ulang untuk mendapatkan data, 2) memilah data ke dalam unit-unit kecil, 3) menyeleksi dan mereduksi data untuk memberikan penekanan pada data yang tidak relevan, 4) menganalisis pesan yang terkandung dalam setiap data dan mangambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Pulang adalah 1) akhlak kepada Allah yang meliputi berdoa kepada Allah, tawakal dan bertaubat. 2) akhlak kepada keluarga yang meliputi patuh dan berbakti kepada orang tua, dan kasih sayang orang tua kepada anak, 3) akhlak kepada diri sendiri yang meliputi menuntut ilmu dan menerima takdir dari Allah, 4) akhlak kepada masyarakat yang meliputi toleransi dan mengucapkan salam, 5) akhlak bernegara yaitu kewajiban seorang pemimpin untuk berbuat adil dalam membuat keputusan. Kedua, nilai pendidikan akhlak dalam novel ini memiliki relevansi terhadap pendidikan agama Islam era sekarang. Nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Pulang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran kurikulum 2013, yaitu pembentukan karakter peserta didik. Nilai pendidikan akhlak dalam novel Pulang juga memiliki relevansi terhadap kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak, Novel
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 26 Nov 2024 08:15
Last Modified: 26 Nov 2024 08:15
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item
View Item