Chamidah, Nur (2014) PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK DI TAMAN KANAK KANAK RAUDHATUL ATHFAL ISLAM TERPADU (RAIT) “GENIUS KIDS” KRAPYAK WETAN, YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
0910432_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
0910432_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
0910432_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
0910432_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
0910432_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kebutuhan masyarakat akan kualitas hidup yang lebih baik menjadikan mereka sadar akan pentingnya pendidikan sejak dini. RAIT “GENIUS KIDS” Krapyak Wetan, Yogyakarta menjadi salah satu lembaga pendidikan anak usia pra sekolah yang menggunakan full day school untuk meningkatkan mutu dan kualitas hasil belajar. Sehingga penelitian ini dirumuskan untuk Mengetahui proses pelaksanaan full day school dalam upaya pembentukan kepribadian anak yang diselenggarakan oleh RAIT GENIUS KIDS Krapyak Wetan, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan full day school dalam upaya pembentukan kepribadian anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif-analisis, yaitu menguraikan secara teratur seluruh konsep yang ada hubungannya dengan pembahasan dalam arti peneliti mendiskripsikan kemudian data-data tersebut dianalisis. Analisis data diawali dengan assessment, yang kemudian dilanjutkan dengan olah data hasil temuan di lapangan dan dilanjutkan dengan deskripsi data secara tertulis. Hasil penelitian menunjukkan 1.Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam upaya pembentukan kepribadian anak di Raudhatul Athfal Islam Terpadu GENIUS KIDS Krapyak Wetan, Yogyakarta 2. Upaya-upaya pembentukan kepribadian yaitu: pembiasaan, pembentukan minat dan sikap, pembentukan kerohanian yang luhur. 3. Peran guru dalam upaya pembentukan kepribadian anak. 4. Faktor pendukung pelaksanaan full day school dalam upaya pembentukan kepribadian anak yaitu: lingkungan sekolah yang kondusif, kompetensi manajerial kepala sekolah, profesionalisme guru, fasilitas yang tercukupi, partisipasi masyarakat terutama orang tua. Sedangkan penghambat pelaksanaan full day school dalam upaya pembentukan kepribadian anak yaitu: Karakter dan potensi anak yang berbeda-beda dan kurangnya peran orang tua di rumah. 5. Hasil pelaksanaan full day school dalam upaya pembentukan kepribadian pada siswa menunjukkan bahwa terjadi adanya perubahan peningkatan kepribadian siswa dilihat dari beberapa aspek perkembangan yaitu aspek nilai-nilai agama dan moral, aspek fisik/ motorik, aspek kognitif, aspek bahasa dan aspek sosial emosional kemandirian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Kepribadian, Anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:22
Last Modified: 09 Dec 2024 08:22
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item
View Item