Kamiliya, Fithrotil (2014) EFEKTIVITAS METODE TES PERINGKAT TAḤFĪŻ AL-QURAN TERHADAP KEBERHASILAN SANTRI PUTRI DALAM MENGHAFAL ALQURAN DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
0910445_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
0910445_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
0910445_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
0910445_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
0910445_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Metode tes peringkat taḥfīżul quran di pondok An-Nur memiliki peran penting, karena menjadi tolok ukur lulus dan tidaknya santri untuk melanjutkan hafalan ketingkat selanjutnya serta syarat wajib ikut wisuda khataman Alquran di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta, merupakan satu-satunya lembaga Taḥfīż al-Quran yang memiliki metode tes peringkat Taḥfīż al-Quran. Program tes peringkat Taḥfīż al-Quran terdapat 4 tingkatan yaitu: 1) Tes peringkat Taḥfīż al-Quran 5 juz, 2) Tes peringkat Taḥfīż al-Quran 10 juz, 3) Tes peringkat Taḥfīż al-Quran 20 juz,dan 4) Tes peringkat Taḥfīż al-Quran 30 juz.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Dimana penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan tes peringkat Taḥfīż al-Quran pada santri putri pondok pesantren An-Nur, bagaimana keberhasilan santri putri dalam menghafal Alquran, dan efektivitas metode tes peringkat Taḥfīż al-Quran terhadap keberhasilan santri putri dalam menghafal Alquran. Populasi penelitian ini adalah santri taḥfīż pondok pesantren An-Nur yang sudah mengikuti tes peringkat, pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik random sampling, ukuran sampel diambil sebanyak 62 santri atau 50% dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis instrumen dilakukan kepada 30 santri. Hasil analisis validitas angket keberhasilan menghafal Alquran dengan nilai 0.374 menunjukkan 40 soal dinyatakan 21 valid dan 19 tidak valid, 20 soal yang valid diujikan lagi. Uji reliabilitas angket keberhasilan menghafal Alqurandg nilai 0,884 sehingga dinyatakan reliabel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan rumus P=F/Nx100%.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan tes peringkat Taḥfīż al-Quran santri putri pondok pesantren An-Nur adalah kriteria jayyid jiddan yang berarti sangat baik, dengan banyak persentase yang didapat adalah 75%. 2) Hasil yang dicapai pada keberhasilan santri putri dalam menghafal Alquran di pondok pesantren An-Nur Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta dapat dikategorikan efektif pada skor 69 - 72. 3) Efektivitas metode tes peringkat Taḥfīż al-Quran terhadap keberhasilan santri putri dalam menghafal Alquran di pondok pesantren An-Nur dikatakan efektif dengan persentase hasil angket keberhasilan menghafal Alquran 55%, dan terbukti dari data hasil tes peringkat dengan persentase 75% predikat jayyid jiddan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tahfizul Qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:50
Last Modified: 09 Dec 2024 08:50
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item
View Item