Prasanti, Maya (2023) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA TIKTOK BERBASIS RELIGI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BERBAKTI KEPADA ORANG TUA DAN PENDIDIKAN WANITA PADA SISWA KELAS XI APHP 1 DI SMK N 1 PANDAK BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101670_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101670_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101670_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101670_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101670_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Berdasarkan data penggunaan media sosial yang semakin meningkat, peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan media Tiktok berbasis religi dalam pembelajaran PAI khususnya materi berbakti kepada orang tua dan pendidikan wanita serta mengkaji lebih dalam tentang bagaimana implementasi penggunaan media Tiktok berbasis religi dalam pembelajaran PAI kelas XI APHP 1 di SMK N 1 Pandak, bagaimana hasil dari implementasi penggunaan media Tiktok berbasis religi dalam pembelajaran PAI kelas XI APHP 1 di SMK N 1 Pandak, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penggunaan media Tiktok berbasis religi dalam pembelajaran PAI kelas XI APHP 1 di SMK N 1 Pandak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Classroom Action Reseacrh (Penelitian Tindakan Kelas) dan pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1) Tes, yakni digunakan untuk mengetahui sebelum dan sesudah media digunakan. 2) Observasi, yakni dilakukan selama berada di SMK N 1 Pandak. 3) Wawancara, yakni dilakukan kepada ibu kepala sekolah, guru PAI dan beberapa siswa. 4) Dokumentasi, yakni digunakan untuk memperoleh data yang bersifat dokumentatif. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data. Hasil penelitian penerapan media Tiktok dalam pembelajaran berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait penggunaan media yang efektif untuk memudahkan dalam proses belajar. Adapun faktor pendukung kegiatan tersebut adalah kesadaran peserta didik dalam menggunakan media Tiktok untuk mempermudah dalam hal belajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa sedikit kesulitan dalam penggunaan media Tiktok dan menginstal aplikasi Tiktok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tiktok, Pembelajaran PAI, SMK Negeri, Penggunaan Media Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 11 Dec 2024 05:35
Last Modified: 11 Dec 2024 05:35
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item
View Item