Ngulya, Mudrikah Ngizatul (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BINA AKHLAQ PAKEM. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17111332_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17111332_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17111332_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17111332_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17111332_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar merupakan aktivitas utama yang dilakukan dalam sebuah proses pendidikan. Pembelajaran terjadi karena adanya interaksi antara guru dan siswa. Kedudukan guru dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa menuntut kegiatan pembelajaran wajib sebanyak mungkin mengaitkan siswa, serta guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Maka dari itu, guru perlu merancang dan menggunakan strategi belajar sesuai keadaan yang berada di sekolah agar kemampuan kognitif dalam tingkat pemahaman bisa berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui strategi guru dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa pada pembelajaran tematik di MI Bina Akhlaq Pakem, 2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi guru dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa pada pembelajaran tematik di MI Bina Akhlaq Pakem. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, data dikumpulkan menggunakan cara observasi di lokasi objek penelitian, wawancara kepala sekolah, guru tematik kelas I dan siswa-siswi kelas I, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan pemahaman kognitif siswa di MI Bina Akhlaq Pakem yaitu 1) menggunakan strategi ekspositori dengan menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, strategi inkuiri dengan menerapkan metode pemberian tugas dan mengerjakan soal, strategi bermain peran dengan menerapkan metode simulasi dan diskusi kelompok. 1) faktor pendukung dari penerapan strategi-strategi tersebut yaitu bagi sekolah bervariasi, meningkatkan konsentrasi, rasa ingin tahu tinggi, bagi guru lebih kreatif dan bersemangat dalam mengajar, bagi siswa menjadi lebih aktif, bertanggung jawab, berpikir kritis, meningkatkan solidaritas antar sesama teman 2) faktor penghambat bagi sekolah kurangnya fasilitas yang memadai, bagi guru sulit untuk mengatur keadaan kelas, bagi siswa masih bersikap individualis, tidak mau bertanya, tugas selesai langsung bermain saat masih jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Pemahaman Kognitif, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:55
Last Modified: 13 Dec 2024 07:55
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item
View Item