Mas'udah, Kun Fatihati (2023) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DI MI Al IMAN SOROGENEN TIMBULHARJO SEWON BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16111161_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16111161_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16111161_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16111161_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16111161_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Belajar merupakan proses pencarian informasi mengupayakan beragam cara yang kemudian nantinya akan dikemas kembali dalam bahasa yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. Setiap individu memiliki perbedaan satu dengan lainnya, terutama dalam proses belajarnya. Setiap anak memiliki cara tersendiri dalam memahami informasi baru secara optimal, dalam artian mereka memiliki gaya belajar yang berbeda-beda sesuai kenyamanan masing-masing anak. Faktor yang mempengaruhi perbedaan gaya belajar diantaranya adalah tipe kepribadian. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar dan hasil belajar siswa dalam menghafal Al-Qur’an ditinjau dari tipe kepribadian di MI Al Iman Sorogenen.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Gaya belajar siswa kelas V MI Al Iman Sorogenen ada 3 jenis, yakni : Gaya Visual, Gaya Auditorial, dan Gaya Kinestetik. Siswa introvert menggunakan gaya belajar visual dan auditorial, sedangkan siswa ekstrovert menggunakan gaya belajar auditorial dan kinestetik. 2.) Hasil gaya belajarnya yaitu, pada siswa introvert dengan gaya belajar visual dan auditorial berhasil memenuhi indikator gaya belajar visual dan auditorial, siswa ekstrovert dengan gaya belajar auditorial berhasil memenuhi indikator gaya belajar auditorial, sedangkan siswa ekstrovert dengan gaya belajar kinestetik berhasil memenuhi empat dari lima indikator gaya belajar kinestetik. Oleh sebab itu, gaya belajar yang diterapkan siswa dinyatakan berhasil

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Menghafal Al-Qur’an, Tipe Kepribadian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 18 Dec 2024 06:30
Last Modified: 18 Dec 2024 06:30
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item
View Item