Sholichah, Annis (2022) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK YATIM DAN TERLANTAR DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL-GHIFARI SIDOREJO LENDAH KABUPATEN KULON PROGO. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101487_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101487_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (573kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101487_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (609kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101487_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101487_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (437kB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat permasalahan anak pada saat ini yaitu kenakalan dan eksploitasi pada anak yatim dan terlantar. Penanaman Pendidikan Agama Islam dan menaungi anak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) menjadi salah satu upaya dalam mendidik anak yatim dan terlantar, dalam hal ini anak akan mendapat perlindungan serta lebih terarah dalam menjalani kehidupan sehingga akan memiliki ahlak mulia dan memiliki masa depan yang cerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelakasanaan Pendidikan Agama Islam pada anak yatim dan terlantar di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Ghifari. 2) Implikasi Pendidikan Agama Islam terhadap anak yatim dan terlantar di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al-Ghifari 3)faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak yatim dan terlantar di Lembaga Kesejahteran Sosial Anak (LKSA) Al-Ghifari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field researh) dengan motode deskriptif kualitatif dan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observai dan dokumentasi Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teori dan uji keabsahan datanya dengan trianggulasi. Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, Pelaksanakan Pendidikan agama Islam pada anak yatim dan terlantar dilakasanakan dalam kegiatan sehari-hari dan diberikan melalaui materi pembelajaran yang disampaikan kepada anak. Kedua, anak yatim dan terlantar mampu mengerjakan shalat dengan tepat waktu, mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan fasih, mampu menhafal al-Qur’an serta mampu maknani kitab dan mengamakanya. Ketiga, Adanya motovasi penuh dari pengasuh dalam keberhasilan anak yatim dan terlantar dalam pelaksanakan Pendidikan Agama Islam. faktor pendukung meliputi: adanya motivasi dari pengasuh dan pembimbing dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam serta anaya evaluasi dalam kegiatan pembelajaran. kemudian faktor penghambatnya yaitu:ketidakstabilan faktor biologis anak yatim dan terlantar, kurang adanya dukungan dari keluarga.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Anak Yatim dan terlantar, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 07:40 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 07:40 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/763 |