Amaliya, Laeli Fazriyah Nur (2017) BIMBINGAN KEAGAMAAN PADA MANTAN ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR (RSB) DIPONEGORO KEMBANG MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1310726_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1310726_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1310726_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1310726_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1310726_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini, mantan anak jalanan dari masa lalunya mereka sangat kurang mendapat perhatian baik di pengetahuan agama maupun akhlak. Bimbingan keagamaan sangat dikedepankan untuk kembali menyadarkan mereka bahwa pengetahuan agama sangat penting bagi kehidupan, dan untuk membina akhlak, moral mereka agar berubah menjadi baik. Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro lembaga yang menangani anak-anak jalanan, mereka dijangkau, untuk mendapatkan bimbingan atau pelatihan sehingga tidak lagi turun ke jalanan. Mereka di beri bekal baik dibidang agama maupun kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Rumah Singgah dan Belajar (RSB) Diponegoro Kembang Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengikuti langkah-langkah Miles dan Huberman melalui tahap-tahap berikut ini: 1) Mereduksi data. 2) Penyajian data. 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Bimbingan keagamaan dilaksanakan setiap hari rabu. Materi agamanya meliputi materi ke-Islaman praktis. Pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk pembiasaan, pembentukan pengertian, minat, sikap, teladan, dan latihan. Di dalam penyampaiannya ada beberapa metode yang digunakannya seperti, metode motivasi, metode ceramah, metode wawancara, dan metode direktif. 2) Hasil bimbingan keagamaannya yaitu: Anak-anak mulai aktif belajar, berubahnya cara bicara mereka, orang tua ikut belajar mengaji, orang tua yang mulai percaya kepada rumah singgah sehingga anaknya di masukkan ke dalam pondok pesantren, dan lingkungan sosial yang berubah menjadi baik. 3) Faktor pendukungnya yaitu: berdiri di bawah naungan yayasan pondok pesantren, para relawan pendamping dan pengurus berlatar belakang pondok pesantren, adanya minat anak untuk belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kondisi anak yang masih labil, dukungan orang tua yang minim, kurangnya jumlah pendamping, pendamping yang kurang aktif, dan lingkungan tempat bimbingan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Mantan Anak Jalanan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:55
Last Modified: 14 Jan 2025 06:55
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item
View Item