Cahyono, Eko (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI KELAS III SDN KARANGGAYAM PLERET BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_COVER.pdf - Published Version
Download (287kB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Download (231kB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (510kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210615_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Download (235kB)
Abstract
Topik ini penulis angkat karena praktek-praktek pembelajaran PAI tingkat SD/sederajat cenderung pada pembelajaran yang konvensional sehingga pembelajaran PAI saat ini belum dapat mengembangkan seluruh aspek dalam diri siswa. Praktek pembelajaran di kelas kurang mampu merangsang siswa untuk aktif, memotivasi dengan minat atau perhatian, membangkitkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan kesempatan untuk melakukan evaluasi diri. Oleh karena itu, usaha untuk membantu meningkatkan pembelajaran PAI yang efektif, efisien dan punya daya tarik dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran salah satunya adalah metode pembelajaran konstruktif yaitu sebuah metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuan di benak siswa itu sendiri, dengan tujuan agar pembelajaran lebih produktif dan bermakna, sehingga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik. Permasalahan yang ingin ditemukan jawabannya melalui penelitian ini adalah:(1) bagaimana penerapan metode pembelajaran konstruktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas III SD Karanggayam Pleret Bantul? (2) bagaimana peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas III SDKaranggayam Pleret Bantul? Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi, evaluasi dan revisi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes praktek. Penelitian ini peneliti menyajikannya dengan menggunakan metode analisis data yang bersifat deskriptif-kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Hasil tes prestasi belajar yang dicapai siswa dengan metode pembelajaran konstruktifpada pembelajaran PAI terjadi peningkatan jika dibandingkan sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran konstruktif. (2) Hasil pengamatan motivasi belajar yang dicapai siswa dengan metode pembelajaran konstruktif pada pembelajaran PAI juga terjadi peningkatan jika dibandingkan sebelum dilaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran konstruktif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Konstruktif, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:09 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/820 |