Sari, Desy Nawang (2016) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL (SLIDE-MIND MAP) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI TN 3 SEMESTER GENAP SMK N 1 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU AL-QUR'AN (STIQ) AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1210613_COVER.pdf - Published Version

Download (178kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
1210613_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (222kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1210613_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1210613_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1210613_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1210613_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1210613_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1210613_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)

Abstract

Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur‟an (STIQ) An Nur Bantul Yogyakarta Tahun 2016. Motivasi belajar siswa dalam proses pelajaran pendidikan agama Islam masih kurang hal itu disebabkan karena kurang maksimalnya penggunaan media dalam proses belajar, sehingga berakibat pada rendahnya prestasi siswa, maka diperlukan sebuah penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI TN 3 semester genap SMK N 1 Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan menerapkan media Pembelajaran Berbasis Audio Visual (Slide-Mind Map). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research. Prosedur pelaksanaan dengan tiga siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TN 3 semester genap 2015/2016 berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara interview, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. yang terdiri dari empat langkah atau tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian tentang penerapan media Pembelajaran Berbasis Audio Visual (Slide-Mind Map) tersebut diatas adalah sebagai berikut:1) Dapat mempermudah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dibuktikan bahwa sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas hasil angket tanggapan siswa adalah 49,03 % dan setelah diadakan penelitian tindakan kelas hasil angket tanggapan siswa mencapai 80,35%. 2) Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mulai dari pra siklus yang mencapai kategori sangat baik 0 %, pada siklus I meningkat 1 %, pada siklus II meningkat 23 %, dan pada siklus III meningkat 43%, yang motivasinya sangat kurang pada pra siklus 10 % sampai siklus III menurun dan tidak ada. 3) Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang mencapai ketegori istimewa mulai dari pra siklus 0 %, pada siklus I masih 0 %, pada siklus II meningkat 29 %, dan pada siklus III meningkat 36 %, sedangkan yang tidak paham dari pra siklus terdapat 20 %, pada siklus II menurun 16 %, dan pada siklus III tidak ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, Slide-Mind Map, Motivasi dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:30
Last Modified: 03 Feb 2025 08:30
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item
View Item