Rifangi, Najib (2023) PENGARUH PROFESIONALITAS GURU TAḤFIẒ TERHADAP KEBERHASILAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS XI IIK MA AL MA’HAD AN NUR BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101072_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101072_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101072_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (679kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101072_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (912kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16101072_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (551kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara profesionalitas guru taḥfiẓ terhadap keberhasilan hafalan Al-Qur’an kelas XI IIK MA Al Ma’had An Nur Bantul. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profesionalitas guru taḥfiẓ terhadap keberhasilan hafalan Al-Qur’an kelas XI IIK MA Al Ma’had An Nur Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua variabel yakni variabel profesionalitas guru taḥfiẓ (X) dan keberhasilan hafalan Al-Qur’an (Y). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIK MA Al Ma’had An Nur Bantul dengan sampel sebanyak 59 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane atau Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi dan wawancara. Analisis instrumen meliputi validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi sederhana, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel profesionalitas guru taḥfiẓ (X) dengan variabel keberhasilan hafalan Al-Qur’an (Y). Hal tersebut ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,890 dan p (sig) sebesar 0,000. (2) secara bersama-sama variabel profesionalitas guru taḥfiẓ (X) mempengaruhi keberhasilan hafalan Al-Qur’an kelas XI MA Al Ma’had An Nur sebesar 79,2%. Adapun sisanya, yaitu 20,8% keberhasilan hafalan Al-Qur’an dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalitas guru taḥfiẓ dan keberhasilan hafalan Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:46 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:46 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/859 |