Winda, Winda (2022) PELAKSANAAN PROGRAM MURAJAAH SETELAH SALAT SUBUH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR'AN DI TPQ AR RAUDHAH BANGUNCIPTO SENTOLO KULON PROGO. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
18101447_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
18101447_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
18101447_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
18101447_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
18101447_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena banyaknya metode menghafal Al-Qur’an yang berkembang di lembaga pendidikan saat ini lebih menitikberatkan pada aspek kecepatan dan seberapa banyak seseorang mampu menghafal, sehingga seringkali mengabaikan kualitas hafalannya. Kualitas hafalan yang dimaksud yaitu tingkat kelancaran hafalan. Metode murajaah dianggap sebagai metode yang paling efektif dalam menjaga keutuhan hafalan Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: pelaksanaan dan hasil dari program murajaah setelah salat Subuh sebagai upaya meningkatkan kualitas hafalan AlQur’an di TPQ Ar Raudhah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskripkif kualitatif dimana peneliti terjun langsung ke tempat penelitian. Subyek penelitian ini adalah santri TPQ, guru dan orang tua santri. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta beberapa data berupa buku-buku yang berkaitan dengan pelaksanaan program murajaah Al-Qur’an. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teori Seiddel dan uji keabsahan datanya dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan program murajaah di TPQ Ar Raudhah dilaksanakan setiap hari tepat setelah selesai jamaah salat Subuh kecuali hari Ahad. Hanya santri yang terpilih dan terdaftar serta mempunyai hafalan Al-Qur’an juz 28, 29 dan 30 yang dapat mengikutinya. Kegiatan pembelajaran di TPQ kelas pagi yaitu santri hanya menyetorkan murajaah hafalannya. Faktor pendukung yaitu: adanya dukungan dan kedisiplinan guru, adanya tekad yang kuat dari santri untuk menghafal Al-Qur’an, dan adanya dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu: tingkat kecerdasan santri dalam menghafal Al-Qur’an, santri belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, dan kurangnya persiapan santri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kedua, hasil dari pelaksanaan program murajaah di TPQ Ar Raudhah yaitu semakin kuatnya hafalan santri, menghindari kesalahan santri dalam menghafal Al-Qur’an dan santri mampu mengulang hafalan dengan baik dan benar sesuai dengan perolehan hafalannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Murajaah, Kualitas Hafalan Al-Qur’an, TPQ |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:25 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:25 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/86 |