Mukhiburrohman, Mukhiburrohman (2023) PELAKSANAAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU PAI DI SMK NEGERI 1 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101456_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101456_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101456_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (696kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101456_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (209kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101456_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Abstract
Pembahasan mengenai program supervisi kepala sekolah menarik untuk dibahas dan terus berkembang sampai saat ini. Kegiatan supervisi ini untuk membantu guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan visi dan misi sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik guru PAI di SMK Negeri 1 Bantul dan faktor pendukung dan penghambat program supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik guru PAI di SMK Negeri 1 Bantul. Penelitian ini bersifat kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan supervisi di SMK Negeri 1 Bantul dilakukan melalui pendekatan secara langsung, tidak langsung dan kolaboratif. Teknik yang digunakan melalui individu dan kelompok. Langkah-langkahnya melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Dampak positif dari pelaksanaa supervisi meliputi guru lebih paham dalam membuat perangkat, guru lebih bisa memahami karakteristik siswa, dan kesadaran guru dalam meningkatkan kinerja. Kedua, faktor pendukung dalam pelaksanaan suupervisi meliputi adanya perencanaan yang matang, adanya koordinasi yang baik, guru diberi pemahaman pentingnya supervisi, kepala sekolah yang profesional dan sarana dan prasaran yang memadai. Faktor penghambat dalam supervisi meliputi kurangnya kesiapan guru, jumlah guru yang banyak sehingga tidak semuanya disueprvisi, kurangnya personil yang mensupervisi dan banyaknya kegiataan sekolah sehingga tidak berhalan sesuai rencana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Kepala Sekolah, Profesioanal, Pedagogik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 06:31 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 06:31 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/863 |