Syakroni, Oni (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MENULIS AYAT AL-QUR’AN (MENA-Q) SISWA KELAS V MIS AL-MUNAWAR WANASARI SUMATRA SELATAN. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
17111322_COVER.pdf - Published Version

Download (196kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
17111322_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
17111322_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
17111322_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
17111322_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
17111322_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
17111322_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17111322_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB)

Abstract

Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah lewat Malaikat Jibril untuk disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur. Program Tahfidzul Quran di MIS Al-Munawar Wanasari dilaksanakan guna meningkatkan minat dan kualitas menghafal siswa. penelitian ini mempunyai tujuan untuk: 1) menjelaskan pelaksanaan program tahfidzul quran dan kualitas menghafal siswa, 2) mengetahui hasil yang dicapai dalam pelaksanaan program tersebut, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yang berupa foto-foto keadaan kelas serta perpustakaan. Metode analisis data menggunakan model komunikasi antar pribadi. Untuk uji keabsohan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian dalam skripsi ini mempunyai hasil yaitu: 1) Program Tahfidzul Quran dalam meningkatkan kualitas mengahafal siswa yaitu dapat dilakukan dengan membiasakan menulis ayat al Quran 15 menit setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai, melaksanakan tiga tahapan (pembiasaan, pengembangan, pembelajaran) secara berkala, penghargaan dari guru, serta menyediakan media kertas. 2) hasil dari adanya pelaksanaan tahfidzul quran metode Mena-Q yang berpengaruh terhadap minat dan kualitas menghafal siswa adalah: meninggalkan kebiasaan bermain handphone menjadi kebiasaan menghafal ayat al Quran, siswa dapat menerapkan metode Mena-Q dalam Mengahafal ayat al Quran setiap sehariharinya, 3) faktor pendukung program Tahfidzul Quran meliputi: penyediaan fasilitas yang memadai, letak sekolah yang strategis, penghargaan dari guru. Selanjutnya, faktor penghambat program tersebut meliputi: kurangnya kesadaran guru, kondisi ruang kelas kurang kondusif, dan kurangnya tenaga kebersihan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Mena-Q, Pembelajaran Tahfidzul qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:24
Last Modified: 10 Feb 2025 08:24
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item
View Item