Hamdani, Aris (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2A MI TAHFIDZ AN NIDHOMIYYAH PIYUNGAN PADA TEMA 4 (HIDUP BERSIH DAN SEHAT) DENGAN METODE SIMULASI. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER_BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16111107_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16111107_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (568kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16111107_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16111107_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (647kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
16111107_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran untuk keberhasilan akademik yang maksimal dan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih sesuai. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik 2A MI Tahfidz An Nidzomiyyah pada tema 4 dengan metode simulasi. Metode yang digunakan penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2A MI Tahfidz An Nidzomiyyah yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Instrumen observasi digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 4 (hidup bersih dan sehat). Peningkatan terlihat pada aspek pengetahuan dan sikap peserta didik. Pada prasiklus rata-rata nilai 74,94 dan siklus pertama nilai rata-rata peserta didik menjadi 81,68, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 89,89. Selain itu observasi menunjukan bahwa peserta didik lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran saat metode simulasi diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode simulasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 4 (hidup bersih dan Sehat) di Kelas 2A MI Tahfidz An Nidzomiyyah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Tematik, Metode Simulasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 05:26 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 05:26 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/886 |