Yanto, Febri (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEMESTER GENAP MI MAULANA MAGHRIBI WATU PUNDONG BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210619_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210619_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210619_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210619_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (539kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1210619_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (119kB)
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III MI Maulan Maghribi disebabkan kurang maksimalnya metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga
suasana belajar kurang menarik dan pasif. Oleh karena itu diperlukan sebuah upaya meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang baru.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Maulana Maghribi Watu yang berjumlah 16 orang. Adapun obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Card Sort. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner
(angket), dan tes hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk melihat peningkatan hasil belajar peserta didik. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu,
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamaatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan strategi Card Sort dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya
terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. 2) Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun prosentasenya pada hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 72,125
dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 11,55 sehingga menjadi 83,68 dengan kategori baik. Hasil prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II in juga telah mencapai 100%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Card Sort, Aqidah Akhlak, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 08:55 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 08:55 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/891 |