Rahmawati, Rahmawati (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU SOSIOPATIK NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1410870_COVER.pdf - Published Version

Download (176kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
1410870_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1410870_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1410870_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1410870_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1410870_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1410870_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengungkapkan apakah Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh terhadap perilaku sosiopatik narapidana di Rumah Tahanan Negara Bantul Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosiopatik narapidana di Rumah Tahanan Negara Bantul Yogyakarta, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku sosiopatik narapidana di Rumah Tahanan Negara Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan dua variabel yakni X=Pendidikan Agama Islam, dan Y = Perilaku Sosiopatik. Subyek penelitian adalah narapidana di Rumah Tahanan Bantul. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan menggunakan uji regresi linear sederhana, diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Terdapat hubungan yang sangat kuat/sangat tinggi serta positif dan signifikan antara variabel Pendidikan Agama Islam (X) dengan variabel perilaku sosiopatik (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,910 > 0 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat/sangat tinggi antara Pendidikan Agama Islam (X) dan perilaku sosiopatik (Y) dengan p sebesar 0,000, jika dibandingkan dengan nilai alpha maka 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan signifikan antara X dan Y maka hipotesis diterima. 2) variabel Pendidikan Agama Islam (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku sosiopatik (Y). Hal tersebut ditunjukkan nilai F hitung 297,511 > F tabel = 3,15 dengan tingkat kesalahan 5% dan tingkat signifikansi 95% dengan p (sig) < α, atau 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Adapun variabel Pendidikan Agama Islam mempengaruhi perilaku sosiopatik sebesar (82,8%).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Perilaku Sosiopatik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:47
Last Modified: 13 Feb 2025 06:47
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item
View Item