Sidik, Muhamad (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN THAHARAH PADA LANSIA DI PONDOK PESANTREN AHSANU ’AMALA NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21102030_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21102030_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21102030_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21102030_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21102030_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21102030_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21102030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (519kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21102030_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana implementasi pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman thaharah pada lansia di Pondok Pesantren Ahsanu ’Amala Sleman Yogyakarta. Dengan fokus penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman thaharah pada lansia. Pembelajaran fiqih ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas beribadah para lansia.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan ialah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, dalam proses implementasi pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman thaharah pada lansia di Pondok Pesantren Ahsanu ’Amala Yogyakarta terdapat beberapa tahapan pembelajaran yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Kedua, hasil implementasi pembelajaran fiqih dalam meningkatkan pemahaman thaharah pada lansia di Pondok Pesantren Ahsanu ’Amala Yogyakarta yaitu pengetahuan pemahaman thaharah meningkat, sikap terhadap pentingnya bersuci meningkat dan pemahaman praktik thaharah meningkat. Ketiga, faktor pendukungnya yaitu berupa motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu berupa ruang pembelajaran yang kurang memadai dan penurunan kondisi fisik lansia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fiqih, Thaharah, Lansia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 613 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:30
Last Modified: 20 Aug 2025 08:30
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item
View Item