Purnomo, Avista (2025) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN FIKIH DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL FALAAH BEJEN BANTUL YOGYAKARTA DENGAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER DAFTAR ISI]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101452_COVER_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101449_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (301kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101449_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101449_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101449_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101449_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8101449_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18101449_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (738kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah program pembelajaran Fikih sudah ada sejak Pondok Pesantren Hidayatul Falaah Bejen berdiri. Namun belum pernah ada yang mengevaluasi menggunakan teori-teori dari para ahli. Sehingga mendorong peneliti untuk menjadikan program pembelajaran Fikih di Pondok Pesantren Hidayatul Falaah Bejen sebagai obek penelitian. Penelitian ini betujuan untuk mengevaluasi pembelajaran Fikih di Pondok Pesantren Hidayatul Falaah Bejen dengan model CIPP. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan berbagai tantangan yang menghambat efektivitas pembelajaran Fikih di pesantren tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran Fikih di Pondok Pesantren Hidayatul Falaah Bejen Bantul, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pengasuh pondok pesantren, Ustaz atau tenaga pengajar Fikih, wali santri, serta santri pondok pesantren Hidayatul Falaah. Model pendekatan dalam penelitian ini menggunakan teori dari Stufflebeam context, input, process dan product. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatul Falaah Bejen Bantul, menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program pembelajaran Fikih di Pondok Pesantren Hidayatul Falaah Bejen telah berjalan cukup baik dalam menanamkan nilai-nilai religius, yang ditunjukkan melalui kegiatan-kegiatan seperti pembiasaan ibadah, proyek bertema keagamaan, serta kerja sama lintas mata pelajaran. 2) Hasil evaluasi program pembelajaran Fikih di Pondok Pesantren Hidayatul Falaah Bejen dengan model CIPP memiliki hasil penguatan karakter religius pada santri terlihat dari meningkatnya kesadaran spiritual dan sikap saling menghargai. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan waktu pelaksanaan, kurangnya pelatihan tenaga pengajar dalam merancang pembelajaran Fikih, sarana prasarana, serta kurangnya media pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran Fikih secara optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pembelajaran Fikih, dan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 650 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:56 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:56 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/1169 |