PENGARUH KEMUDAHAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN PAYLATER PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA IIQ AN NUR YOGYAKARTA)

Na'im, Ani (2022) PENGARUH KEMUDAHAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN PAYLATER PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA IIQ AN NUR YOGYAKARTA). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18401576_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18401576_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18401576_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
18401576_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18401576_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (725kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat banya digunakan dikalangan remaja hingga dewasa yang banyak memberikan banyak kemudahan bagi pengguna, salah satunya dari marketplace shopee yang didalamnya terdapat fitur paylater yang memberikan kemudahan bagi pengguna berselogan “ beli sekarang bayar nanti” dengan sistem cicilan 1-12 bulan. Sejalan dengan aktivitas belanja onlin dengan sistem cicilan dapat kita lihat masyarakat di lingkup mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta rata-tara beragama Islam, yang menerapkan religiusitas sebagai acuan atau pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Dalam agama dianjurkan kita dalam beraktivitaf tetap berlandaskan syariat agama seperti, bersikap, bertindak, berperilaku. Penelitian ini mengangkat masalah mengenai pengaruh kemudahan dan religiusitas terhadap keputusan pembelian menggunakan paylater pada marketplace shopee. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian menggunakan paylater pada marketplace shopee, untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap keputusan pembelian menggunakan paylater pada marketplace shopee. Serta untuk mengetahui pengaruh kemudahan dan religiusitas dengan keputusan pembelian menggunakan paylater pada marketplace shopee. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif-asosiatif dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitin ini yaitu data primer yang didapat melalui kuesioner yang telah diisi oleh 96 responden dengan kriteri:1) Mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta: 2) pengguna paylater pada mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Kemudahan (X1) tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan penggunaan paylater, dikarenakan nilai t-hitung > t-table (-2,705< 1,98552) dengan nilai signifikansi 0.08 > 0.05. Religiusitas (X2) memberikan dampak pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan paylater, dikarenakan nilai t-hitung > t-table (4,220> 1,98552) dengan nilain signifikansi 0.00 < 0,05. Sehingga terdapat pengaruh signifikan antara variabel X1 terhadap Y, atau dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan secara simultan diperoleh F hitung 9,124 dan nilai signifikan 0,000. Hasil pengolahan data menunjukkan nilai signifikan pada 0,0000 (sig 0,00000 < 0,05). Hasil akhir dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemudahan dan Religiusitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan penggunaan paylater pada Mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan, Religiusitas dan Keputusan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 07 May 2024 08:56
Last Modified: 07 May 2024 08:56
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item
View Item