PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN KETERAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 KULONPROGO

Badriyah, Nurul (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN KETERAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 KULONPROGO. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16101098_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16101098_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16101098_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16101098_BAB IV.pdf - Published Version

Download (380kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16101098_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran akidah akhlak dengan kemandirian peserta didik kelas XI MAN 2 Kulon Progo, (2) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran keterampilan tata busana dengan kemandirian peserta didik kelas XI MAN 2 Kulon Progo, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan keterampilan tata busana terhadap kemandirian peserta didik kelas XI MAN 2 Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yakni variabel pembelajaran akidah akhlak (X1), pembelajaran keterampilan tata busana (X2), dan kemandirian (Y). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pembelajaran akidah akhlak (X1) dengan kemandirian (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,725, artinya terdapat hubungan yang bersifat kuat antara X1 dan Y dan p sebesar 0,000 < α yang artinya terdapat hubungan keduanya bersifat signifikan, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pembelajaran keterampilan tata busana (X2) dengan kemandirian (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,748, artinya terdapat hubungan yang bersifat kuat antara X2 dan Y dan p sebesar 0,000 < α yang artinya terdapat hubungan keduanya bersifat signifikan, (3) Besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak dan keterampilan tata busana terhadap kemandirian ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,718. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akidah akhlak dan keterampilan tata busana memberi pengaruh terhadap kemandirian sebesar 71,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Pembelajaran Keterampilan Tata Busana, Kemandirian, Regresi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:11
Last Modified: 08 Jul 2024 08:11
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item
View Item