PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELOMPOK BERMAIN BUNGA BANGSA PERUMAHAN CEPOKO GRIYA INDAH SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL

Yuniari, Rizka (2020) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELOMPOK BERMAIN BUNGA BANGSA PERUMAHAN CEPOKO GRIYA INDAH SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1310754_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1310754_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1310754_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1310754_BAB IV.pdf - Published Version

Download (386kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1310754_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB)

Abstract

Ide penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti tentang pendidikan anak usia dini khususnya anak berkebutuhan khusus di Kelompok Bermain Bunga Bangsa yang berbeda dari PAUD inklusi lainnya. Lembaga ini memisahkan anak berkebutuhan khusus dan anak pada umumnya selama 3 hari dan menggabungkannya dalam 2 hari. Adapun yang diteliti adalah bagaimana Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Agama Islam di lembaga tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reserch). Dengan pendekatan studi kasus metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik, pendidik dan wali murid di Kelompok Bermain Bunga Bangsa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) pengumpulan data 2) reduksi data 3) penyajian data 4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Materi Pendidikan Agama Islam di Kelompok Bermaian Bunga Bangsa adalah penanaman nilai agama dan moral, belajar membaca Alquran, salat, doa sehari-hari, hafalan surat pendek, hadis dan manasik haji. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, metode bernyanyi, metode bercerita, metode karya wisata. 2) faktor pendukungnya adalah dukungan dari orang tua, lokasi berdekatan dengan Masjid, pendidiknya mengikuti pelatihan IQRO dan kerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum berkembangnya aspek bahasa anak berkebutuhan khusus, sarana dan prasarana yang belum memadahi dan jenis hambatan anak berkebutuhan khusus yang beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Anak Usia Dini, Anak Berkebuthan Khusus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jul 2024 09:56
Last Modified: 17 Jul 2024 09:56
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item
View Item