IMPLEMENTASI METODE PEER TEACHING MELALUI MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MATERI KHULAFAUR RASYIDIN PADA SISWA KELAS XG DI MAN 3 BANTUL

Fitriana, Fina (2024) IMPLEMENTASI METODE PEER TEACHING MELALUI MEDIA MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MATERI KHULAFAUR RASYIDIN PADA SISWA KELAS XG DI MAN 3 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101854_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101854_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101854_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101854_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101854_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (527kB)

Abstract

Penelitian pada siswa kelas XG di MAN 3 Bantul yang di latar belakangi observasi awal yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil pretest, nilai rata-rata seluruh siswa masih tergolong rendah yaitu hanya 64. Artinya nilai tersebut belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Sehingga hasil belajar SKI pada siswa kelas XG di MAN 3 Bantul perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan metode peer teaching melalui media mind mapping materi Khulafaur Rasyidin pada siswa kelas XG di MAN 3 Bantul dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah kebudayaan Islam menggunakan metode Peer Teaching melalui media mind mapping materi Khulafaur Rasyidin pada siswa kelas XG di MAN 3 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Penilaian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data penelitian diambil dari hasi observasi, wawancara, dokumentasi, pretest dan posttest. Metode analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana yang dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) pelaksanaan pembelajaran SKI melalui metode Peer Teaching dilaksanakan selama 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan tahapan kegiatan dimana siswa dibagi menjadi 5 kelompok kemudian masing-masing kelompok berdiskusi serta membuat mind mapping yang nantinya akan digunakan untuk presentasi di kelompok lain. 2) hasil observasi kegiatan pembelajaran dan observasi keaktifan siswa kelas XG di MAN 3 Bantul dalam KBM masih tergolong rendah sebelum diterapkannya metode peer teaching. Setelah diterapkan metode peer teaching pada siklus 1 sampai siklus 2 terjadilah peningkatan. Hasil belajar siswa kelas XG di MAN 3 Bantul masih tergolong rendah sebelum diterapkannya metode peer teaching melalui media mind mapping pada mata pelajaran SKI materi Khulafaur Rasyidin. Dilihat dari pretest, rata-rata nilai yang di dapatkan adalah 64. Serta posttest siklus satu mendapat nilai rata-rata 71 dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,4. Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode peer teaching melalui media mind mapping dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi Khulafaur Rasyidin di MAN 3 Bantul.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sejarah Kebudayaan Islam, Peer Teaching, Khulafaur Rasyidin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:33
Last Modified: 13 Aug 2024 04:33
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item
View Item