Slamet, Slamet (2019) IMPLEMENTASI METODE ULA DALAM PEMBELAJARAN HURUF ALQURAN DI BIMBINGAN BELAJAR NURUS JOKERTEN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
15101032_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB)
15101032_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
15101032_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (463kB)
15101032_BAB IV.pdf - Published Version
Download (663kB)
15101032_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti pada metode ula dalam pembelajaran alquran untuk anak usia dini dengan cara bermain, bernyanyi dan bertempat di bimbingan belajar yang didalamnya diajarkan keagamaan dan materi umum. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui Implementasi Metode Ula Dalam Pembelajaran Huruf Alquran, (2) mengetahui hasil dari Implementasi Metode Ula Dalam Pembelajaran Huruf Alquran, (3) faktor pendukung Implementasi Metode Ula Dalam Pembelajaran Huruf Alquran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yakni: mencatat hal-hal yang ditemukan dilapangan, mengumpulkan dan mengkategorikan data, menyimpulkan data. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) implementasi metode ula dalam pembelajaran huruf alquran di bimbingan belajar Nurus Jokerten bantul Yogyakarta meliputi: (a) pelaksanaan metode ula (b) penerapan metode ula. (2) hasil implementasi metode ula dalam pembelajaran huruf alquran di bimbingan belajar Nurus Jokerten bantul Yogyakarta yaitu: anak dapat mengenal huruf hijaiah, anak dapat membaca dan menulis huruf hijaiah, anak dapat mengenal hukum bacaan mad, anak dapat mengetahui hukum nun mati dan tanwin,anak dapat mengenal hukum bacaan qolqolah,anak dapat menenal al syamsiyah dan al qomariyah, anak dapat mengenal hukum bacaan mim mati. (3) faktor pendukung implementasi metode ula dalam pembelajaran huruf alquran di bimbingan belajar Nurus Jokerten bantul Yogyakarta, faktor pendukung yaitu: a) faktor siswa semangat belajar, adanya kemauan dalam diri siswa, b) faktor dari ustaz dan ustazah semangat dalam mendidik dan membimbing, perhatian ustaz dan ustazah, cara penyampain materi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ula, Pembelajaran Alquran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 06:22 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 06:22 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/499 |