IMPLEMENTASI METODE ULA DALAM PEMBELAJARAN HURUF ALQURAN DI BIMBINGAN BELAJAR NURUS JOKERTEN BANTUL YOGYAKARTA

Slamet, Slamet (2019) IMPLEMENTASI METODE ULA DALAM PEMBELAJARAN HURUF ALQURAN DI BIMBINGAN BELAJAR NURUS JOKERTEN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
15101032_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
15101032_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
15101032_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
15101032_BAB IV.pdf - Published Version

Download (663kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
15101032_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti pada metode ula dalam pembelajaran alquran untuk anak usia dini dengan cara bermain, bernyanyi dan bertempat di bimbingan belajar yang didalamnya diajarkan keagamaan dan materi umum. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui Implementasi Metode Ula Dalam Pembelajaran Huruf Alquran, (2) mengetahui hasil dari Implementasi Metode Ula Dalam Pembelajaran Huruf Alquran, (3) faktor pendukung Implementasi Metode Ula Dalam Pembelajaran Huruf Alquran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yakni: mencatat hal-hal yang ditemukan dilapangan, mengumpulkan dan mengkategorikan data, menyimpulkan data. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) implementasi metode ula dalam pembelajaran huruf alquran di bimbingan belajar Nurus Jokerten bantul Yogyakarta meliputi: (a) pelaksanaan metode ula (b) penerapan metode ula. (2) hasil implementasi metode ula dalam pembelajaran huruf alquran di bimbingan belajar Nurus Jokerten bantul Yogyakarta yaitu: anak dapat mengenal huruf hijaiah, anak dapat membaca dan menulis huruf hijaiah, anak dapat mengenal hukum bacaan mad, anak dapat mengetahui hukum nun mati dan tanwin,anak dapat mengenal hukum bacaan qolqolah,anak dapat menenal al syamsiyah dan al qomariyah, anak dapat mengenal hukum bacaan mim mati. (3) faktor pendukung implementasi metode ula dalam pembelajaran huruf alquran di bimbingan belajar Nurus Jokerten bantul Yogyakarta, faktor pendukung yaitu: a) faktor siswa semangat belajar, adanya kemauan dalam diri siswa, b) faktor dari ustaz dan ustazah semangat dalam mendidik dan membimbing, perhatian ustaz dan ustazah, cara penyampain materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Ula, Pembelajaran Alquran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:22
Last Modified: 22 Aug 2024 06:22
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item
View Item