EKSISTENSI KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH BANTUL

Habibah, Umi (2024) EKSISTENSI KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101863_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101863_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101863_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101863_BAB IV.pdf - Published Version

Download (299kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101863_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB)

Abstract

Keberadaan kitab kuning menjadi eksistensi pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua. Salah satu pondok pesantren yang berada di daerah DI. Yogyakarta kental akan kemampuan membaca kitab kuningnya adalah Pondok Pesantren Fadlun Minallah Bantul, pesantren tersebut memiliki kurikulum yang disebut Bah}s\u Al-Kutu>b. Bah}s\u Al-Kutu>b memiliki peran penting untuk menumbuhkan motivasi belajar santri. Tiga permasalahan dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana kemampuan baca kitab kuning santri, (2) Seperti apakah motivasi belajar santri, (3) Apa eksistensi kemampuan membaca santri. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan studi kasus (case study) sedangkan jenis penelitian menggunakan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi atau survey lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan santri Pondok Pesantren Fadlun Minallah memiliki tahapan yang signifikan, kemampuan itu akan sampai pada pemahaman dan penyampaian dalam mengartikan kitab kuning yang santri bacakan. (2) motivasi belajar santri memiliki 2 kategori: motivasi yang ada sebelum pembelajaran dan motivasi setelah pembelajaran. (3) eksisitensinya dapat dilihat dari dua faktor yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu peningkatan daya kemampuan membaca, faktor eksternal, santri mengikuti setiap cabang perlombaan menciptakan kegiatan edukasi di luar pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Kitab Kuning, Motivasi Belajar, Eksistensi Pondok Pesantren Fadlun Minallah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 02 Sep 2024 09:50
Last Modified: 02 Sep 2024 09:50
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item
View Item