Setiawan, Ahmad Irvan (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS XI DI SMK 3 KASIHAN BANTUL. Masters thesis, IIQ ANNUR YOGYAKARTA.
19101655_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
19101655_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
19101655_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
19101655_BAB_IV.pdf - Published Version
Download (383kB)
19101655_BAB_V._ Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (124kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kehidupan para siswa dan kurangnya pemahaman tentang ajaran agama oleh rata-rata siswa di SMKN 3 Kasihan. Fenomena yang menggambarkan fungsi religuisitas dan teman sebaya memiliki dampak kurang baik terhadap pribadi siswa diantaranya masih ada siswa berada di kantin ketika pelajaran berlangsung, terdapat siswa yang mencontek pada saat ujian. Kurangnya adaptasi nilai-nilai moral dan agama menunjukkan bahwa banyak siswa yang memiliki kekurangan dalam kemampuan belajar pendidikan agama Islam, karena sedikit banyak siswa berperilaku tidak baik atau kasar, berbicara kotor, dan akhirnya tidak patuh pada guru.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yaitu religiusitas (X1), teman sebaya (X2), dan prestasi belajar (Y). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel dari 60 siswa, sampel yang diambil adalah kelas XI DKV dan Lukis di SMK 3 Kasihan Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian analisis uji regresi linier ganda, diperoleh kesimpulan, menunjukkan bahwa antara (1) variabel religiusitas (X1) dan prestasi belajar PAI (Y) memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Hal tersebut dituntukan denga nilai korelasi (r) sebesar 0,430 dan p (sig) 0,001. (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel teman sebaya (X2) dan prestasi belajar PAI (Y). hal tersebut ditunjukan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,271 dan p (sig) sebesar 0,037. (3) Maka uraian diatas dapat disimpulkan bahwa secara bersama sama variabel religiusitas (X1) dan teman sebaya (X2) mempengaruhi prestasi belajar PAI (Y) sebesar 24,5%, dan sisanya 75,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas, Teman Sebaya, Prestasi Belajar PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | User IIQ An Nur |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 10:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 10:04 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/535 |