PENGARUH PEMBELAJARAN DAN PEMAHAMAN FIKIH UBUDIYAH TERHADAP KUALITAS PRAKTIK IBADAH SANTRI MTS DI PONDOK PESANTREN AN NUR BANTUL KOMPLEK PUTRI PUSAT

Nandika, Aurel Janetri (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN DAN PEMAHAMAN FIKIH UBUDIYAH TERHADAP KUALITAS PRAKTIK IBADAH SANTRI MTS DI PONDOK PESANTREN AN NUR BANTUL KOMPLEK PUTRI PUSAT. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101787_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101787_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101787_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101787_BAB IV.pdf - Published Version

Download (490kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101787_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ibadah yang memiliki peran penting dalam Islam untuk mempererat hubungan manusia dengan Allah SWT. Ibadah yang berkualitas ditandai dengan pelaksanaan ibadah tepat waktu, konsisten, benar, khusyu’, dan niat yang ikhlas. Namun, sebagian santri MTs di Pondok Pesantren An Nur dianggap belum sesuai dalam melaksanakan ibadah. Untuk meningkatkan kualitas ibadah, diperlukan pembelajaran mendalam tentang tata cara dan makna ibadah. Melalui pembelajaran fikih ubudiyah di Pondok Pesantren An Nur, diharapkan santri dapat meningkatkan pemahaman dan kualitas ibadah, sehingga dapat menjalankan ibadah dengan lebih baik dan sesuai ajaran Islam.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran, pemahaman fikih ubudiyah dengan kualitas praktik ibadah, serta mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran dan pemahaman fikih ubudiyah terhadap kualitas ibadah santri MTs di Pondok Pesantren An Nur Putri Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 119 santri sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi ganda, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pembelajaran fikih ubudiyah (X1) dan kualitas praktik ibadah (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,559 dan nilai p (sig) sebesar 0,000. 2) Terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara variabel pemahaman Fikih ubudiyah (X2) dan kualitas praktik ibadah (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,400 dan nilai p (sig) sebesar 0,000. 3) Terdapat pengaruh pembelajaran fikih ubudiyah dan pemahaman fikih ubudiyah terhadap kualitas praktik ibadah sebesar 47,9%. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,479. Adapun sisanya, 52,1% kualitas praktik ibadah santri MTs di Pondok Pesantren An Nur dipengaruhi faktor lain.
Kata Kunci : Pembelajaran, Pemahaman Fikih Ubudiyah, Kualitas Praktik Ibadah

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pemahaman Fikih Ubudiyah, Kualitas Praktik Ibadah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 18 Sep 2024 05:24
Last Modified: 18 Sep 2024 05:24
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item
View Item