STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CROWDFUNDING DI LEMBAGA AMIL ZAKAT (Studi Kasus NU Care-Lazisnu DIY)

Umam, Alfian Thoriqul (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CROWDFUNDING DI LEMBAGA AMIL ZAKAT (Studi Kasus NU Care-Lazisnu DIY). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20401946_ BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20401946_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20401946_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20401946_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20401946_ BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh LAZISNU DIY dalam kampanye crowdfunding mereka. LAZISNU DIY, sebagai lembaga amil zakat, infaq, dan shadaqah, telah memanfaatkan platform crowdfunding untuk mengumpulkan dana dari masyarakat guna mendukung berbagai program sosial dan kemanusiaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengungkapkan teknik dan alat komunikasi yang efektif dalam meningkatkan partisipasi donatur.MData dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan para pengelola LAZISNU DIY dan observasi langsung terhadap kegiatan pemasaran mereka. Selain itu, analisis dokumen dan materi promosi yang digunakan oleh lembaga tersebut juga dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang efektif melibatkan penggunaan media sosial, website resmi, dan kampanye langsung kepada komunitas-komunitas terkait. Selain itu, keterlibatan influencer lokal dan kolaborasi dengan komunitas-komunitas lain juga memainkan peran penting dalam meningkatkan visibilitas dan kredibilitas kampanye. Penelitian ini juga menemukan bahwa personalisasi pesan, transparansi penggunaan dana, dan pelaporan yang berkala adalah elemen kunci dalam membangun kepercayaan dan loyalitas donatur. Dengan memahami strategi-strategi ini, diharapkan lembaga-lembaga amil zakat lainnya dapat mengadopsi praktik terbaik dalam kampanye crowdfunding mereka, sehingga lebih banyak dana dapat terkumpul untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Crowdfunding
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 23 Sep 2024 05:11
Last Modified: 23 Sep 2024 05:11
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item
View Item