Amiroh, Umi (2022) PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG E-COMMERCE TERHADAP MINAT MENJADI WIRAUSAHA SYARIAH MAHASISWA IIQ AN NUR YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18401584_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (830kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18401584_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18401584_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18401584_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
18401584_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini dilakukan karena di era digital saat ini, berwirausaha tidak perlu bertemu secara langsung dengan pelanggan tetapi dapat dilakukan secara online melalui e-commerce sehingga memunculkan peluang untuk menjadi wirausaha dengan sistem digital untuk semua kalangan termasuk mahasiswa. Namun, banyak lulusan perguruan tinggi yang hanya bergantung pada lowongan pekerjaan sedangkan lowongan pekerjaan yang ada jelas tidak mampu menampung banyaknya lulusan perguruan tinggi. Resikonya, banyak lulusan perguruan tinggi yang hanya menjadi pengangguran. Seharusnya sebagai generasi terpelajar kita dapat lebih peka dalam melihat dan memanfaatkan peluang besar yang ada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengenai pengaruh pemahaman tentang e - c o m m e r c e terhadap minat menjadi wirausaha syariah mahasiswa IIQ An Nur. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif-asosiatif . Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik p u r p o siv e s a m plin g sehingga terdapat 90 sampel. Penelitian yang telah dilakukan sejak bulan April sampai Mei 2022 ini menghasilkan data yang valid, reliabel, berdistribusi normal, dan tidak terjadi masalah heterokedastisitas. Penelitian dengan regresi linier sederhana menunjukkan hasil uji-t dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan hasil thitung > ttabel (10,779 > 1,98729) sehingga terdapat pengaruh pemahaman e - c o m m e r c e terhadap minat berwirausaha mahasiswa IIQ An-Nur. Kemudian, pemahaman e c o m m e r c e mampu mempengaruhi sebesar 56,4% keputusan berwirausaha mahasiswa IIQ An-Nur sedangkan 43,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Minat, Wirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:18 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:18 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/77 |