Syarifah, Siti Lailatus (2012) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANTUL TAHUN 2011/2012. Masters thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU AL-QUR'AN (STIQ) AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
0810404_COVER.pdf - Published Version

Download (162kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
0810404_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
0810404_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
0810404_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
0810404_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
0810404_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
0810404_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
0810404_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap apakah Pendidikan Karakter dan Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh terhadap Prestasi belajar peserta didik kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Karakter dan Pendidikan Agam Islam terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2011-2012.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yakni variabel X1= Pendidikan Karakter, X2= Pendidikan Agama Islam, dan Y= prestasi belajar. Obyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 145. Penelitian ini kami khususkan untuk peserta didik muslim sehingga jumlah responden kami berjumlah 121 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan valid semua dengan nilai Alpha= 0,863.
Berdasarkan analisis data yang kami lakukan menggunakan asumsi regresi ganda, hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial 1) Pendidikan Karakter memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantul diperoleh nilai t hitung=11,720 berada di daerah penerimaan hipotesis. 2) Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantul diperoleh nilai t hitung =9,334 berada di daerah penerimaan hipotesis. Secara simultan 3) Pendidikan Karakter dan Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantul diperoleh nilai t hitung > ttabel sebesar 190,387 > 3,074 dengan tingkat kesalahan sebesar 0,000 yang jauh lebih rendah dari alpha sebesar 0,05 dan confident level (tingkat kebenaran) sebesar 95% sehingga variabel pendidikan Karakter dan Pendidikan Agama Islam mempengaruhi tingkat prestasi belajar peserta didik dengan kontribusi sebesar 76,7% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yakni sebesar 24%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter, Prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:58
Last Modified: 14 Jan 2025 08:58
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item
View Item