Rokhimah, Munir (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK DAN DISIPLIN SHALAT BERJAMA’AH DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU AL-QUR'AN (STIQ) AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1110561_COVER.pdf - Published Version
Download (291kB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1110561_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1110561_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (635kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1110561_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1110561_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1110561_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (235kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1110561_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB)
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan apakah Penggunaan Media Elektronik dan Disiplin Shalat Berjama’ah di Sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Penggunaan Media Elektronik dan Disiplin Shalat Berjama’ah di Sekolah terhadap Prestasi Belajar siswa XI IPA SMA N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta Tahun 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yakni variabel Penggunaan Media Elektonik (X1), Disiplin Shalat Berjama’ah di Sekolah (X2), dan Prestasi Belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Penelitian ini dikhususkan untuk siswa muslim. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis instrumen menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel setelah dilakukan pengubahan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan regresi ganda, diperoleh bahwa secara parsial: 1) Penggunaan Media Elektronik memiliki hubungan dengan Prestasi Belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Piyungan Bantul, yang ditunjukkan dengan nilai r hitung sebesar 0.809, dan berada di daerah penerima hipotesis, 2) Disiplin Shalat Berjama’ah di Sekolah memiliki hubungan dengan Prestasi Belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Piyungan Bantul, yang ditunjukkan dengan nilai r hitung sebesar 0.482 dan berada di daerah penerimaan hipotesis secara simultan, dan 3) Penggunaan Media Elektronik dan Disiplin Shalat Berjama’ah di Sekolah memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Piyungan Bantul, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 61.114. Adapun variabel penggunaan Penggunaan Media Elektronik dan Disiplin Shalat Berjama’ah mempengaruhi Prestasi Belajar siswa sebesar 69% dan selebihnya (31%) dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Elektronik, Disiplin Shalat Berjama’ah, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 09:14 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 09:14 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/801 |