Suprapti, Annisa Zahroh (2023) PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA ASMA’UL HUSNA DAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN RELIGIUS SISWA KELAS X APHP DI SMK N 1 PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
19101607_COVER.pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
19101607_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
19101607_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
19101607_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
19101607_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
19101607_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
19101607_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19101607_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara pembiasaan membaca asmā’ul ḥusnā terhadap pembentukan kepribadian religius siswa kelas X APHP SMK N 1 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2022/2023 (2) mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara tadarus Al-Qur’an terhadap pembentukan kepribadian religius siswa kelas X APHP SMK N 1 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2022/2023 (3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara pembiasaan membaca asmā’ul ḥusnā dan tadarus Al-Qur’an terhadap pembentukan kepribadian religius siswa kelas X APHP SMK N 1 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2022/2023 Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yakni pembiasaan membaca asmā’ul ḥusnā (X1), tadarus Al-Qur’an (X2), dan pembentukan kepribadian religius (Y). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APHP dengan jumlah 85 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan rumus Aiken’s dan estimasi reliabilitas dilakukan dengan Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan menggunakan uji regresi ganda diperoleh kesimpulan bahwa: (1) variabel pembiasaan membaca asmā’ul ḥusnā (X1) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel pembentukan kepribadian religius (Y), yang ditunjukkan nilai koifisien korelasi (Rx1Y) sebesar 0,386, dan p (sig) sebesar 0,000. (2) variabel tadarus Al-Qur’an (X2) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel pembentukan kepribadian religius (Y), yang ditunjukkan dengan nilai korelasi (Rx2Y) sebesar 0,432, dengan nilai p (sig) sebesar 0,000. (3) secara bersamaan, variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh sebesar 24,1% terhadap variabel Y. Adapun sisanya, yaitu 77,7% pembentukan kepribadian religius dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Membaca Asmā’ul Ḥusnā, Tadarus Al-Qur’an, Pembentukan Kepribadian Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 07 Feb 2025 09:25
Last Modified: 07 Feb 2025 09:25
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item
View Item