Fauziyah, Lana (2021) PENGARUH QANUN MADRASAH DAN KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII MTS ALMA’HAD AN-NUR SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
16101178_COVER.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
16101178_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
16101178_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
16101178_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
16101178_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
16101178_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
16101178_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16101178_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB)

Abstract

Ide penelitian ini, diangkat melalui pengamatan peneliti dari sikap disiplin siswadiMTsAl Ma’had An-Nuryang terkadang tidaksesuai dengan qanunyang telah diterapkan di madrasah tersebut. Qanun adalah suatu peraturan yang diberlakukan di suatu tempat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan suatu lembaga demi kemaslahatan antar sesama masyarakat. Tujuan adanya qanun yaitu untuk mengatur dan menertibkan seluruh siswa agar menjadi siswa yang disiplin dan teratur. Namun melihat realita yang terjadi, disamping siswa-siswa yang taat, masih banyak siswa yang tidak tertib/disiplin. Berangkat dari permasalahan yang ada maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan qanun madrasah dengan kedisiplinan siswa kelas VIII MTs Al Ma’had An-Nur Sewon Bantul Yogyakarta, (2) mengetahui hubungan keteladan guru dengan kedisiplinan siswa kelas VIII MTs Al Ma’had An-Nur Sewon Bantul Yogyakarta, dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh qanun madrasah dan keteladanan guru terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII MTs Al Ma’had An-Nur SewonBantulYogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tiga variabel yaitu variabel qanunmadrasah (X1), keteladanan guru (X2), dan kedisiplinan siswa(Y). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Ma’had An-Nur yang berjumlah 80 orang siswa yang bertempat tinggal di pondok pesantren An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi bergandadengan tingkat kesalahan 5%, diperoleh kesimpulanbahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel qanun madrasah (X1) dengan kedisiplinan siswa (Y). hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,739 dan p (sig) sebesar 0,000. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel keteladanan guru (X2) dengan kedisiplinan siswa (Y). hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,291 dan p (sig) sebesar 0,000. (3) secara bersama-sama variabel qanun madrasah (X1) dan keteladanan guru (X2) mempengaruhi kedisiplinan siswa sebesar 56,2%. Adapun sisanya, yaitu 43,8% kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskandalampenelitianini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Qanun,KeteladananGuru,Kedisiplinan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:37
Last Modified: 11 Feb 2025 04:37
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item
View Item