Setyaningsih, Nuri Agus (2018) PENGARUH PEMBACAAN ASMĀ’UL ḤUSNĀ DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MIN 2 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1410865_COVER.pdf - Published Version
Download (225kB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1410865_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1410865_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1410865_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (561kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1410865_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1410865_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1410865_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB)
Abstract
Penelitian ini berusaha mengungkap apakah pembacaan asmā’ul ḥusnā dan pendidikan keluarga memiliki pengaruh terhadap karakter religius siswa di MIN 2 Bantul. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pembacaan asmā’ul ḥusnā terhadap karakter religius siswa di MIN 2 Bantul, 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pendidikan keluarga terhadap karakter religius siswa di MIN 2 Bantul, 3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pembacaan asmā’ul ḥusnā dan pendidikan keluarga terhadap karakter religius siswa di MIN 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan porsi lebih besar pada metode kuantitatif dengan tiga variabel yakni X1 = pembacaan asmā’ul ḥusnā, X2 = pendidikan keluarga, dan Y = karakter religius. Subyek penelitian adalah siswa MIN 2 Bantul yang berjumlah 184 orang. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis menggunakan uji regresi ganda. Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan menggunakan uji regresi ganda, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pembacaan asmā’ul ḥusnā (X1) dengan variabel karakter religius (Y) hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,777 (r > 0), dan p = 0,000 (sig = 0), dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi antara variabel X1 dengan Y lebih besar dari 0, dan taraf signifikansinya = 0,000 dibawah 0,05 berarti hipotesis diterima. 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel pendidikan keluarga (X2) dengan variabel karakter religius (Y) hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,745 (r > 0), dan p = 0,000 (sig = 0), dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi antara variabel X2 dengan Y lebih besar dari 0, dan taraf signifikansinya = 0,000 dibawah 0,05 berarti hipotesis diterima. 3) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pembacaan asmā’ul ḥusnā (X1) dan pendidikan keluarga (X2) terhadap karakter religius (Y). Hal ini terbukti dengan nilai Fhitung = 152,138 > Ftabel = 3,04 dengan tingkat kesalahan 5%. Adapun pembacaan asmā’ul ḥusnā dan pendidikan keluarga memberikan kontribusi 62,7% terhadap karakter religius siswa MIN 2 Bantul. Dan selebihnya yaitu 37,3% karakter religius siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penlitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembacaan Asmā’ul Ḥusnā , Pendidikan Keluarga, Karakter Religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 06:48 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 06:48 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/912 |