Hidayati, Dinia (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII D SMP N 3 JETIS BANTUL SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
1210614_COVER.pdf - Published Version

Download (195kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
1210614_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (297kB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
1210614_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
1210614_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
1210614_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
1210614_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
1210614_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
1210614_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1210614_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB)

Abstract

Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII D SMP N 3 Jetis Bantul disebabkan oleh metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru kurang maksimal, sehingga suasana belajar kurang menarik dan pasif. Oleh karena itu diperlukan sebuah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII D SMP N 3 Jetis Bantul.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP N 3 Jetis Bantul yang berjumlah 32 orang. Adapun obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Index Card Match. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner (angket), dan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam untuk melihat peningkatan prestasi belajar peserta didik. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamaatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi Index Card Match meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Adapun prosentasenya pada aktivitas siswa siklus I mencapai 63,04% dengan kategori sedang, pada siklus II meningkat sebesar 2,5% menjadi 65,54% dengan kategori sedang. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 75,33 dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 11,21 sehingga menjadi 86,54 dengan kategori baik. Hasil rata-rata respon siswa mengenai pembelajaran Pendidikan Agama Islam mencapai 72,69%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Index Card Match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:39
Last Modified: 18 Feb 2025 06:39
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item
View Item