Hanifa Amna, Azkiya (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH HABIT FORMING PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
20101818_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (747kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101818_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101818_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101818_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101818_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101818_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20101818_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
20101818_Lampiran.pdf - Published Version

Download (772kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis terhadap implementasi program sekolah habit forming pada kurikulum merdeka dalam mengembangkan karakter religius siswa di SMKN 1 Bantul. penelitian ini menarik untuk dibahas karena marakya kasus kekerasan atau bullying di kalangan remaja.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program sekolah habit forming pada kurikulum merdeka dalam mengembangkan karakter religius siswa di SMKN 1 Bantul, serta mengetahui implikasi dari program tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metodologi kualitatif, pada penelitian ini metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstuktur, serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan cara mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data pada penelitian ini mengunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama implementasi program sekolah habit forming pada kurikulum merdeka dalam mengembangkan karakter religius siswa diterapkan secara terprogram meliputi kegiatan tahunan dan bulanan, yakni: PHBI, do’a dan sholawat. Sementara kegiatan tidak terprogram meliputi kegitan rutin harian dan mingguan, yakni 5S, tadarus, asmaul husna, infak jum’at dan keputrian Kedua implikasi dari program tersebut adalah meningkatnya kesadaran spiritual siswa dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai kegamaan. Ketiga, faktor yang mempengaruhi implementasi program habit forming, meliputi faktor pendorong yakni: Peran dan pembinaan guru, Lingkungan yang kondusif, serta aktivitas yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya fasilitas ruangan dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Habit Forming, Karakter Religius, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 519 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:10
Last Modified: 01 Jul 2025 08:10
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item
View Item