Faujiah, Pipit (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN KONSEP DIRI DI SMP NEGERI 2 PUNDONG. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21102046_COVER_DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21102046_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21102046_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21102046_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21102046_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21102046_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21102046_ DAFTAR_ PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21102046_ LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana Pendidikan Multikultural Dalam Menumbuhkan Konsep Diri di SMP Negeri 2 Pundong. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya penguatan nilai-nilai toleransi, keberagaman dan kepercayaan diri dalam lingkungan sekolah yang multikultural. Oleh karena itu, pendidikan multikultural dalam menumbuhkan konsep diri siswa sangat penting dalam penguatan sikap kepercayaan diri yang mereka punya dalam sebuah keberagaman di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bahwa kepercayaan terhadap diri sendiri, diharapkan dapat menginternalisasi nilai-nilai toleransi, saling menghargai, dan kerja sama. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis data Miles & Huberman, sementara untuk menguji validitas dan reliabilitas data yang penulis kumpulkan, penulis menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural di SMP Negeri 2 Pundong mencakup tiga aspek, yaitu pengenalan identitas kelompok, penghargaan terhadap perbedaan, dan kesetaraan antar kelompok. Pendidikan multikultural berhasil diterapkan melalui integrasi dalam kegiatan pembelajaran kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), dan interaksi sosial antar siswa. Implementasi ini berdampak positif terhadap perkembangan konsep diri siswa yang tercermin dalam aspek psikologis, sosial, emosional, dan peningkatan rasa percaya diri mereka dalam interaksi di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Multikultural, Konsep Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:44
Last Modified: 07 Jul 2025 08:44
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item
View Item