Rizqi, Muhamad Fathu (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MADRASAH RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK PRIBADI INSAN KAMIL DI MIN 2 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
![[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (814kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (24kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.nur.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20101810_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh maraknya kasus kekerasan, perundungan, dan perilaku menyimpang di lingkungan sekolah yang mendorong pemerintah untuk menerapkan program ramah anak sebagai upaya pencegahan dan perlindungan hak-hak anak di satuan pendidikan. Dalam hal ini, menjadikan siswa menjadi baik dalam berperilaku, memiliki kekuatan, wawasan, tindakan, serta kebijaksanaan terhadap siapapun menjadi hal yang sangat penting terutama dilingkungan madrasah. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi kebijakan madrasah ramah anak dalam membentuk pribadi insan kamil di MIN 2 Bantul, serta mengidentifikasi dampak dari penerapan kebijakan madrasah ramah anak terhadap pembentukan pribadi insan kamil di MIN 2 Bantul. Oleh karena itu, hal inilah yang menjadi dasar peneliti melakukan penelitian ini.
Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pendekatan studi kasus. Dalam metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur dan semi terstruktur serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan adalah teori Kristanto yang menyebutkan sekolah ramah anak adalah sebuah konsep yang terbuka, yang berusaha mengaplikasikan pembelajaran, dan yang memperhatikan perkembangan psikologi peserta didiknya. adapun teori insan kamil menurut Muhammad Iqbal mendefinisikan insan kamil sebagai seorang mukmin yang memiliki kekuatan, wawasan, tindakan, serta kebijaksanaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan madrasah ramah anak di MIN 2 Bantul meliputi aspek pembelajaran yang aman dan nyaman, penyediaan kantin sehat dengan menyediakan makanan bergizi, serta penegakan ketertiban di lingkungan sekolah melalui kerjasama antara guru, orang tua, dan masyarakat mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, bebas dari kekerasan, perundungan, dan diskriminasi. Implementasi kebijakan ini berdampak positif terhadap penurunan kasus kekerasan dan perundungan, serta mendorong terbentuknya karakter siswa yang jujur, disiplin, peduli, dan berakhlak mulia sesuai dengan konsep insan kamil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Madrasah Ramah Anak, Insan Kamil |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 576 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 09:12 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 09:12 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/1044 |