Karimah, Virli Lailatul (2025) PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW-WANTLEARNED) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MUATAN PELAJARAN IPAS MATERI LAPISAN BUMI KELAS V DI MIN 1 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21112071_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21112071_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21112071_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21112071_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21112071_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21112071_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21112071_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21112071_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dimiliki siswa di era Kurikulum Merdeka. Literasi ini tidak hanya menekankan pada kemampuan membaca, tetapi juga pada pemahaman konsep ilmiah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan meningkatkan minat baca atau literasi siswa dengan menggunakan strategi KWL (Know-Want-Learned) pada materi Lapisan Bumi kelas V di MIN 1 Bantul. Literasi sains menjadi kompetensi penting dalam kurikulum merdeka
karena menekankan pemahaman konsep ilmiah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Strategi KWL (Know-Want-Learned) dipilih karena mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam mengaitkan pengetahuan awal, merumuskan
pertanyaan, serta merefleksikan pemahaman yang diperoleh selama proses pembelajaran. Untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan dan mencapai tujuan penelitian, dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul dengan jumlah 28 siswa. Hasil penerapan strategi KWL menunjukkan adanya peningkatan literasi sains yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari empat indikator utama. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 78,9 pada pra-siklus menjadi 87,61 pada siklus I, dan mencapai 93,33 pada siklus II. Nilai tertinggi siswa juga menunjukkan kenaikan dari 80 menjadi 93,3, dan kemudian mencapai 100. Nilai terendah pun mengalami perbaikan dari 60 menjadi 86,67, lalu naik lagi menjadi 93,33. Selain itu, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar bertambah dari 9 siswa pada pra-siklus menjadi 23 siswa pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 28 siswa pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa strategi KWL mampu meningkatkan hasil belajar sekaligus literasi sains siswa secara menyeluruh

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi KWL, Literasi Sains, IPAS, Lapisan Bumi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 565 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2025 10:02
Last Modified: 12 Aug 2025 10:02
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item
View Item