Maknun, Lu'lu'il (2025) PENGARUH PROGRAM PEMBELAJARAN TAHSIN AL QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A DAN KONTROL DIRI TERHADAP KEBERHASILAN MEMBACA AL QUR’AN SANTRI PEMULA DI PONDOK PESANTREN AN NUR NGRUKEM KOMPLEK PUTRI PUSAT. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21102157_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21102157_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21102157_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21102157_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21102157_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21102157_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21102157_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21102157_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara program pembelajaran tahsin Al Qur’an dengan metode Yanbu’a terhadap keberhasilan membaca Al Qur’an santri pemula. 2) Ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kontrol diri terhadap keberhasilan membaca Al Qur’an santri pemula. 3) Sseberapa besar pengaruh program pembelajaran tahsin Al Qur’an dengan metode Yanbu’a dan kontrol diri terhadap keberhasilan membaca Al Qur’an santri pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian melibatkan 89 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas instrumen serta uji regresi linear berganda.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji regresi ganda, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel program pembelajaran tahsin Al Qur’an dengan metode Yanbu’a (X₁) dan keberhasilan membaca Al Qur’an (Y), yang ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0.758 dan nilai p (sig) sebesar 0,000. 2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kontrol diri (X₂) dan keberhasilan membaca Al Qur’an (Y), yang ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0.771 dan nilai p (sig) sebesar 0.000. 3) Program pembelajaran tahsin Al Qur’an dengan metode Yanbu’a dan kontrol diri berpengaruh terhadap keberhasilan membaca Al Qur’an sebesar 98.5%. Adapun sisanya, 1.5% keberhasilan membaca Al Qur’an dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran Tahsin Al Qur’an, Metode Yanbu’a, Kontrol Diri, Keberhasilan Membaca Al Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 625 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:58
Last Modified: 02 Sep 2025 07:58
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item
View Item