Meilistika, Dwi (2025) PROBLEMATIKA GURU KELAS IV DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TAHFIDZ HDWR PLERET BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21112060_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21112060_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21112060_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21112060_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21112060_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21112060_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21112060_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21112060_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh adanya perubahan kebijakan pendidikan melalui Kurikulum Merdeka yang menuntut guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, asesmen formatif, serta penguatan karakter siswa. Namun dalam praktiknya, guru di madrasah tahfidz menghadapi tantangan khusus dalam menyelaraskan antara nilai-nilai keislaman dan pendekatan kurikulum baru ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk problematika yang dihadapi guru kelas IV dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan mengacu pada konsep implementasi kurikulum, khususnya dalam aspek pemahaman struktur kurikulum, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penyusunan modul ajar, serta penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa kendala, antara lain: kesulitan dalam memahami pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan sarana dan media pembelajaran, kurang optimalnya asesmen diagnostik, serta hambatan dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Meskipun demikian, guru telah melakukan berbagai upaya seperti mengikuti pelatihan, berdiskusi dalam komunitas guru, dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran secara bertahap. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak madrasah maupun guru dalam mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya di lingkungan pendidikan berbasis tahfidz.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Guru Kelas IV, Madrasah Ibtidaiyah, Problematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 619 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2025 07:57
Last Modified: 16 Aug 2025 07:57
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item
View Item