Maghfiroh, Azizatul (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL KAJIAN FIKIH APLIKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIKIH SANTRI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER-DAFTAR ISI] Text (COVER-DAFTAR ISI)
18101434_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (931kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
18101434_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
18101434_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
18101434_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
18101434_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
18101434_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18101434_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
18101434_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Kajian Fikih Aplikatif (KFA) terhadap prestasi belajar fikih santri di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh, Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana. Populasi penelitian adalah seluruh santri putri kelas I’dad yang berjumlah 57 orang, dengan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui angket penerapan KFA dan dokumentasi nilai rapor mata pelajaran fikih. Hasil uji regresi menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat antara penerapan KFA dan prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,832. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,692 menunjukkan bahwa penerapan KFA berpengaruh sebesar 69,2% terhadap prestasi belajar fikih, sedangkan sisanya 30,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji t menunjukkan nilai thitung = 11,15 dengan p-value 0,000 (< 0,05), sehingga disimpulkan bahwa penerapan KFA berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar fikih santri. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan model KFA mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan santri dalam mengaplikasikan fikih secara praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kajian Fikih Aplikatif, Prestasi Belajar, Pondok Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 09 Sep 2025 09:35
Last Modified: 09 Sep 2025 09:35
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item
View Item