PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DENGAN SISWA DI PONDOK PESANTREN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs N 3 BANTUL

Auliya, Luthfi (2024) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA DENGAN SISWA DI PONDOK PESANTREN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs N 3 BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101824_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101824_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101824_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101824_BAB IV.pdf - Published Version

Download (467kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101824_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan lingkungan tempat tinggal siswa MTs N 3 Bantul. Terdapat siswa yang tinggal di rumah bersama orang tua dan di pondok pesantren. Siswa yang tinggal di rumah harus pandai membagi dan memanfaatkan waktu untuk belajar dikarenakan berbagai aktivitas di rumah. Sedangkan siswa yang tinggal di pondok harus pandai memanfaatkan waktu untuk belajar yang sudah ditentukan di sela-sela padatnya kegiatan pondok pesantren.
Rumusan masalah yang peneliti ambil yaitu 1) Adakah perbedaan motivasi belajar SKI siswa yang tinggal bersama orang tua dan di pondok pesantren kelas VIII di MTs N 3 Bantul? 2) Adakah perbedaan hasil belajar SKI siswa yang tinggal bersama orang tua dan di pondok pesantren kelas VIII di MTs N 3 Bantul? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang tinggal bersama orang tua dengan siswa di pondok pesantren pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTs N 3 Bantul.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara serta dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 3 Bantul sebanyak 144 siswa. Sampel penelitian berjumlah sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa yang tinggal bersama orang tua dan 40 siswa yang tinggal di pondok pesantren. Analisis hipotesis motivasi belajar dan hasil belajar menggunakan program SPSS 25 dengan rumus independent z-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan motivasi belajar SKI siswa yang tinggal bersama orang tua dan di pondok pesantren kelas VIII MTs N 3 Bantul melalui hasil uji beda independent sampel z-test yaitu nilai Sig 2 tailed sebesar 0,003 < 0,050. 2) Hasil uji beda independent sampel z-test hasil belajar SKI kelas VIII MTs N 3 Bantul yaitu nilai Sig 2 tailed sebesar 0,018 < 0,050. Sehingga kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar SKI siswa kelas VIII MTs N 3 Bantul yang tinggal bersama orang tua dan di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:26
Last Modified: 29 Jul 2024 06:26
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item
View Item