Mazaya, Zulfi (2019) MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN (Studi Tentang Penerapan Edmodo dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Sleman). Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.
1410892_COVER_BAB I.pdf - Published Version
Download (896kB)
1410892_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
1410892_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
1410892_BAB IV.pdf - Published Version
Download (692kB)
1410892_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap penggunaan media sosial Edmodo di MAN 1 Sleman sebagai media pembelajaran. Dengan berfokus pada Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Penelitian dilakukan untuk mengetahui; (1) Penerapan Edmodo dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (2) Dampak Penerapan Edmodo terhadap Pembelajaran Bahasa Arab, serta (3) Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Edmodo dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Sleman. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan teknik Seiddel, meliputi; (1) Membuat catatan lapangan catatan lapangan dan pengkodean, (2) Mengumpulkan, memilih dan memilah, mengklasifikasikan, mengintesiskan, membuat ikhtisar, dan membuat indeksnya (3) Berfikir dengan jalan membuat agar kategori data itu mempunyai makna, mencari dan menemukan pola hubungan-hubungan dan membuat temuan-temuan umum. Menggunakan teknik analisis tersebut terhadap data yang ada ditemukan bahwa; Pertama, Edmodo diterapkan pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Sleman untuk pembelajaran Qiroah, Istima’, Kitabah, dan Hiwar sebagai media interaksi antara siswa dan guru, sebagai penyedia sumber atau materi belajar dan untuk penugasan. Kedua, Edmodo menjadikan pembelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Sleman; (1) Lebih efisien, (2) Siswa dapat melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab secara mandiri kapan saja dan dimana saja, (3) Meningkatkan minat belajar dan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab. Ketiga; Edmodo memiliki kelebihan (1) Menjadi media yang membentuk kelompok belajar Bahasa Arab, (2) Memenuhi fungsi pengendalian dalam pelaksanaan ulangan Bahasa Arab, dan (3) Guru dapat melaksanakan penilaian pembelajaran Bahasa Arab dengan lebih cepat. Edmodo juga memiliki kekurangan, (1) Memerlukan dukungan alat elektronik dan laboratorium komputer, (2) Sangat bergantung pada akses internet, (3) Dapat menimbulkan kesenjangan pembelajaran pada siswa, (4) Penilaian yang dapat dipercepat Edmodo terbatas pada tes objektif saja, (5) Penilaian untuk materi Istima’ sangat terbatas karena belum tersedianya fitur menulis Arab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Media Pembelajaran, Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Repository IIQ An Nur Yogyakarta |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 05:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 05:23 |
URI: | https://repository.nur.ac.id/id/eprint/436 |