PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOKLET PADA MATERI PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM DI DUNIA UNTUK KELAS XI SMK/SEDERAJAT

Adqiyah, Ida (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-BOOKLET PADA MATERI PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM DI DUNIA UNTUK KELAS XI SMK/SEDERAJAT. Masters thesis, IIQ AN-NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101821_COVER_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101821_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101821_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101821_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101821_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB)

Abstract

Abad ke-21 dikenal sebagai era Revolusi 4.0 yang mengubah berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan. Pembelajaran modern menekankan peran sentral siswa dengan dukungan teknologi informasi, dimanan siswa berberan aktif dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan zaman. Dewasa ini masih banyak pendidik yang menggunakan metode pembelajaran kovensional yang hanya mengandalkan ceramah dan bersumber dari buku teks saja. Berdasarkan pengamatan peneliti, banyak siswa yang kurang tertarik dengan metode atau media pembelajaran khususnya pada materi pekembangan peradaban Islam di dunia. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengusulkan pengembangan e-booklet yang menggabungkan teks dan gambar dengan format menarik yang bertujuan untuk meningkatkan rasa antusiasme peserta didik saat pembelajaran berlangsung.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Four-D Models) yang mencakup define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dissemination (penyebaran). Media pembelajaran berbasis e-booklet mendapatkan rata-rata skor oleh validasi ahli media dengan presentase 96.25%, ahli materi 81.25%, dan praktisi pendidikan 76.25% dengan masing-masing kategori sangat layak. Adapun rata-rata dari ketiga ahli menunjukkan presentase 84.6% yang berarti e-booklet sangat layak untuk digunakan. Kemudian respon peserta didik yang didapatkan menunjukkan nilai dengan presentase 84% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, E-booklet, Perkembangan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User IIQ An Nur
Date Deposited: 03 Sep 2024 05:09
Last Modified: 03 Sep 2024 05:09
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item
View Item