Ariyanti, Anggita Dwi (2025) PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3-H PADA MATA PELAJARAN FIKIH BAB MUAMALAH DI MADRASAH DINIYAH AL-FURQON BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN-NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
20101785_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (887kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
20101785_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
20101785_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
20101785_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
20101785_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
20101785_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
20101785_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
20101785_LAMPIRAN viks.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran fikih bab muamalah di Madrasah Diniyah Al-Furqon, Bantul. Berdasarkan hasil observasi awal, metode pembelajaran yang digunakan saat ini dinilai kurang efektif dan kurang sesuai dengan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, diperlukan penerapan metode pembelajaran yang lebih tepat guna meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam mempelajari materi fikih muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan pembelajaran fikih bab muamalah dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas 3-H Madrasah Diniyah Al-Furqon Bantul Yogyakarta, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar fikih bab muamalah dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas 3-H Madrasah Diniyah Al-Furqon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun dalam praktiknya, peneliti melakukan penelitian sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu santri kelas 3-H Madrasah Diniyah Al-Furqon Bantul dengan jumlah 34 siswa. Untuk instrumen penelitiannya menggunakan tes (pre test, post test siklus I, post test siklus II) dan non tes (observasi, wawancara dan dokumentasi). Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan rumus mean dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CIRC dalam pembelajaran fikih bab muamalah yang dilakukan sebanyak dua siklus berjalan dengan lancar. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dan ketertarikan santri terhadap pembelajaran muamalah. Data peningkatan rata-rata hasil belajar dari pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 56,03-74,5-89,4. Sedangkan peningkatan rata-rata ketertarikan pembelajaran muamalah yaitu mulai dari 87,4% pada siklus I menjadi 94,74% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Muamalah, Pembelajaran, Metode CIRC
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Ariyanti Anggita Dwi
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:09
Last Modified: 30 Apr 2025 04:09
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item
View Item