Agustin, Julia (2025) PENGARUH MINDSET DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AL QURAN HADIS SISWA MA Al MA’HAD AN NUR BANTUL. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21102024_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21102024_BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21102024_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21102024_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21102024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21102024_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21102024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (399kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21102024_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Peserta didik dalam proses belajar akan dihadapkan dengan tantangan untuk menguji kemampuan dirinya. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya mindset dan kecerdasan spiritual. Mindset, keyakinan tentang pengembangan diri, mempengaruhi bagaimana peserta didik dalam menghadapi tantangan, sedangkan kecerdasan spiritual memotivasi dengan memberikan makna pada proses belajar. Melihat hal tersebut, maka peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh mindset dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar Al Qur’an Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara mindset terhadap hasil belajar, 2) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar dan 3) seberapa besar pengaruh mindset dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis di MA Al Ma’had An Nur Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non eksperimen dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 150 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi validitas isi yang dilakukan dengan menggunakan rumus Aiken dan Estimasi reliabilitas dengan teknik Cronbach Alpha. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi dan analisis regresi linier ganda.
Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa: ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel mindset (X1), kecerdasan spiritual (X2) dengan variabel hasil belajar Al-Qur’an Hadis (Y). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0.612 (mindset), 0.601 (kecerdasan spiritual) dan p (sig) sebesar 0.000. Secara bersama-sama variabel mindset (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an Hadis (Y) sebesar 53,9%. Adapun sisanya yaitu 46,1% hasil belajar Al-Qur’an Hadis dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mindset, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Al Qur'an Hadis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 321 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:09
Last Modified: 30 Jun 2025 07:09
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item
View Item