Romadona, Muhammad Ilham (2025) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI 3D UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TATA CARA WUDHU SISWA KELAS VII DI MADRASAH WUSTHO ANNUR BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, IIQ AN NUR YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER_DAFTAR ISI] Text (COVER_DAFTAR ISI)
21102036_COVER_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (325kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
21102036_BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
21102036_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
21102036_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
21102036_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
21102036_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
21102036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
21102036_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan metode demonstrasi berbantuan media video animasi 3D dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap tata cara wudhu di Madrasah Wustho Annur Bantul Yogyakarta.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi fikih, khususnya tata cara wudhu, yang selama ini didominasi oleh metode ceramah dan
kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kurt Lewin yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi serta Untuk instrumen penelitiannya menggunakan tes (pre-test, post test suklus I, post test siklus II). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 24 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi melalui media video animasi 3D mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap tata
cara wudhu. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata tes serta tingginya minat dan motivasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun Nilai
rata-rata peserta didik mengalami peningkatan dari 68 pada pra siklus, kemudian naik menjadi 84 pada siklus 1, dan akhirnya mencapai 90 pada siklus 2. Sedangkan rata-rata
persentase dari seluruh aspek komponen keaktifan peserta didik mengalami peningkatan, yakni dari 83,85% pada siklus pertama menjadi 93,74% pada siklus kedua. Selain itu,
media video animasi 3D juga dinilai mampu menyajikan materi secara visual dan interaktif, sehingga mempermudah peserta didik dalam memahami gerakan wudhu secara
detail dan sistematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Video Animasi 3D, Pemahaman Wudhu, Pembelajaran Fikih, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 526 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:08
Last Modified: 11 Jul 2025 07:00
URI: https://repository.nur.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item
View Item